UNIVERSITAS GUNADARMA TAHUN AJARAN 2009-2010

Senin, 09 November 2009

MASALAH YANG DIHADAPI KOPERASI

Masalah yang dihadapi koperasi saat ini adalah
• Pertama, masih sulitnya menginventarisasi dan mengindentifikasi koperasi yang beku dan tidak memiliki aktivitas usaha, tetapi masih memiliki aset-aset yang produktif
• Kedua, krisis ekonomi dan moneter yang berkepanjangan sangat berpengaruh besar terhadap produktivitas dan efisiensi koperasi, sehingga sebagian besar koperasi tidak mampu bertahan.
• Ketiga, dalam segi pembiayaan dan permodalan, karena seiring perkembangan ekonomi banyak investor menanamkan modalnya ke pihak luar atau non koperasi.
• Keempat, redistribusi aset produktif yang dikelola oleh koperasi masih sangat terbatas sehingga tidak mempunyai posisi tawar yang cukup, utamanya terhadap produk atau komoditi unggulan daerah seperti bidang perkebunan, kehutanan dan pertanian dalam arti luas utamanya bidang agribisnis.
Maka dari itu untuk meningkatkan daya saing koperasi ini bukanlah sesuatu yang mudah. Kuncinya adalah terletak pada komitmen pemerintah untuk membangkitkan koperasi melalui kemitraan dengan perusahaan negara untuk mempunyai daya saing yang lebih tinggi. Sehingga koperasi dapat menjalankan amanatnya sebagai sebuah sistem perekonomian yang mempunyai kontribusi besar bagi bangsa ini untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan. Melalui hari koperasi ini pula mari kita jadikan momentum bagi gerakan koperasi dan pemerintah untuk bangkit dan membangun koperasi Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar